FEAR FACTOR

Rahasia setiap sukses besar adalah melakukan apapun yang paling anda takuti ( Zig Ziglar ).

Segala yang besar, semua kecemerlangan, kekayaan,kepandaian,kejayaan,dan berbagai hal yang gemilang dipisahkan oleh satu garis yaitu fear factor ( faktor rasa takut ). Untuk mendapatkan semua itu siapapun harus menembus garis ketakutan tersebut.

Jika tidak anda tembus fear factor tersebut, maka anda akan berada diwilayah orang rata-rata, dengan pendapatan rata-rata dan prestasi yang rata-rata pula, atau bahkan bisa jadi dibawah rata-rata.

Coba anda bayangkan jika anda biarkan anda takut untuk mendekati gadis idaman yang cantik hati dan wajahnya, bagaimana dia bisa menjadi milik anda?

Guru saya Almaghfurlah KH. Burhanuddin Hamid (Pengasuh Pondok Pesantren An Nur 1 Malang ) mengatakan,” Jika kamu punya menghadapi apapun, pukul saja dulu, urusan belakang.”

Keberanian mencoba itu adalah langkah awal menuju sukses. Jika anda mencoba mungkin saja anda gagal, namun ada kemungkinan anda akan berhasil. Namun jika anda tidak mencoba maka anda sudah benar-benar gagal.

Sebenarnya rasa takut itu adalah fitrah manusia. Kita tidak bisa menghilangkannya sama sekali kecuali kita menjadi manusia yang tdk normal. Namun demikian rasa takut tdk boleh kita pupuk melainkan harus dilawan.

Orang orang yang anda lihat sangat berani itu memiliki ketakutan yang sama dengan anda. Bahkan bisa jadi lebih takut. Namun mereka memtuskan untuk tetap melangkah walaupun takut. Maka merekapun dikenal sebagai pemberani.

Setelah lama tidak pulang kampung, kemarin Alloh mempertemukan saya dengan salah seorang tetangga yang sudah 15 tahun lebih bekerja sebagai buruh angkut dagangan di pasar besar Malang. Lima belas tahun yang lalu tetangga saya itu masih nampak kuat,sehat dan berbadan kekar. Namun kemarin saya lihat sangat lain; dia nampak kusut, dan jauh lebih tua dari umurnya.

Saya bertanya kepadanya,” kenapa anda tidak ikut terjun berdagang bersama teman-teman yang lain?.” Spontan dia menjawab dengan kalimat yang singkat,” saya takut rugi.”

Jawaban ini sepintas seperti sederhana, namun tahukah anda, implikasi dari jawaban ini yang sangat tidak sederhana. Karena takut rugi, maka dia tidak terjun pada dunia dagang yang selama 15 tahun lebih dia berada dikelilingnya. Karena takut rugi, maka dia rela menua dengan tidak beranjak pada posisi pekerjaan yang semakin lama tentu semakin tidak ringan baginya karena harus menggunakan kekuatan otot.

Inilah hukum kehidupan; jika anda hanya bekerja dengan kekuatan otot anda, maka anda akan dibayar layaknya hewan. Bahkan bisa jadi lebih mahal tenaga hewan karena memang banyak hewan yang jauh lebih bertenaga daripada manusia.

Jika anda bekerja dengan pikiran anda maka anda akan bayar layaknya manusia. Tuhan menaruh kepala kita diaatas agar diutamakan penggunaannya.

Jika kita bekerja dengan kerasnya otot lalu cerdasnya pikiran sekaligus menggunakan hati yang ikhlas, maka Tuhanlah yang akan membayar kita.

Kita harus terus berani meningkatkan pekerjaan kita dari mulai level otot menuju tingkat penggunaan otak dan meningkat kepada keikhlasan hati.

Jika anda takut gagal,maka anda tidak akan berani melangkah. Jika anda tidak berani melangkah, lalu benar-benar tidak melangkah, maka anda sudah gagal.

Kegagalan sesungguhnya bermakna sangat positif. Disetiap kegagalan setidaknya kita mendapatkan berbagai pelajaran yang tidak mungkin di dapat dibangku sekolah dan perkuliahan. Orang-orang sukses itu berkata,” saya sukses bukan karena tdk pernah gagal, saya sukses karena saya sudah berkali-kali gagal namun saya terus bangkit lagi.

Ingat..Nasib baik seringkali berpihak pada para pemberani. Didunia ini tdk ada tempat bagi para penakut. Hanya pemberanilah yang bisa membuat perubahan.

Tidak ada yang perlu ditakuti didunia ini kecuali melakukan dosa pada Alloh SWT. Bahkan pada kematian sekalipun kita tidak perlu takut.
Sebagai penutup saya jadi ingat kata-kata dari Almarhum KH. Zainuddin MZ,” Berani hidup harus berani mati, Kalau takut mati, jangan hidup, Kalau takut hidup, mati saja.”

Hanya orang berani yang akan sukses!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s